bank bjb Ekspor Produk Debitur ke Australia, Eropa, & Kanada bersama Indonesia In Your Hand

bank bjb Ekspor Produk Debitur ke Australia, Eropa, & Kanada bersama Indonesia In Your Hand

Bandung, 4 November 2021

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR/bank bjb) bekerja sama dengan Indonesia In Your Hand dan PT Varuna Tirta Prakasya (Persero) (VTP Logistics) melepas ekspor produk debitur binaan bank bjb ke pasar Australia, Eropa, dan Kanada. Kegiatan ini bertujuan mewujudkan program Go Global, yaitu mendorong usaha debitur UMKM binaan bank bjb agar dapat memasarkan produk ke luar negeri.

Produk yang akan diekspor berasal dari enam debitur, dengan jenis produk di antaranya kopi jawa barat (Wanoja Coffee), batik kasumedangan (Nafira Batik), kerajinan rotan (Rifqy Jaya Rattan), tikar mendong Tasikmalaya (Ismi Tikar), kopiah (Gucimas), dan sapu ijuk (PT Tricahaya Mitratama).

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Aditysari, menjelaskan perhatian kepada pelaku UMKM tidak hanya pada produk pembiayaan yang beragam, namun juga melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi UMKM.

Dia menambahkan dalam program PESAT, bank bjb memiliki pilar Go Digital yang menjadi dasar program pemberdayaan melalui digitalisasi, baik untuk pembelajaran maupun untuk komunikasi melalui aplikasi DiSentra.

"Saat ini menjadi tanda bahwa saatnya pilar program pemberdayaan debitur juga bertambah dengan pilar Go Global. Pada akhirnya bank bjb dapat mulai mewujudkan langkah turut serta mendorong kemajuan usaha debitur UMKM bank bjb melalui kegiatan pemasaran produknya ke luar negeri," jelas Nancy dalam keterangan tertulis, Kamis (4/11/2021).

Selain itu, Indonesia In Your Hand dan VTP Logistics meluncurkan layanan Fulfillment Center di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan barang dan pemasaran dengan marketplace dunia.

Dalam hal ini produk-produk debitur UMKM bank bjb dikirim dan disimpan di warehouse tersebut dan dipasarkan melalui marketplace dunia untuk menanti pembeli di Australia, Kanada, dan negara-negara di Eropa.

"bank bjb dan Indonesia In Your Hand bersama dengan VTP Logistics bersepakat akan bersama-sama mendorong agar produk-produk debitur UMKM bank bjb yang memiliki keunggulan dan potensi dapat naik kelas dengan dipasarkan di luar negeri," kata dia.

Lebih lanjut, Nancy mengatakan, UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian daerah. Sebagai motor penggerak, UMKM berkontribusi terhadap penciptaan lebih dari 90% lapangan pekerjaan di tingkat nasional.

"bank bjb fokus menggarap sektor UMKM yang berorientasi ekspor untuk mendorong pelaku usaha memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar global, sekaligus upaya pemulihan ekonomi nasional, terutama di masa pandemi COVID-19. bank bjb mendorong pelaku UMKM khususnya di Jawa Barat agar dapat naik kelas sehingga produk-produk mereka dapat lebih dikenal luas dan mendunia," ujar Nancy.

Sebagai informasi, hadir dalam kegiatan tersebut Nancy Aditysari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, Pemimpin Kantor Cabang bank bjb Majalaya Adytia Sovana, CEO Indonesia In Your hand Amiranto Adi Wibowo, dan Direktur Utama VTP Logistics Adi Nugroho.